Tuesday, September 30, 2014

Chapter 4

"Hey, bro! Galau aja lo!" Sapa Alan sambil menepuk bahu Dito.

Alan adalah tetangga kost Dito, kurang lebih sudah satu tahun ini. Mereka cukup dekat dan sering bertukar pikiran karena kamar mereka bersebelahan. Malam itu Dito duduk sendirian di anak tangga yang ada di teras kostan nya. Ditemani segelas kopi, sebungkus rokok, dan gitar kesayangannya. Menyangkal bahwa dirinya sedang merindukan seseorang.

"Eh, Elo, Lan. Haha, nggak galau kok gue."

"Lah itu apa namanya? Duduk diem, ngerokok, ngopi, sambil meluk gitar terus bengong? Ada definisi lain selain galau?"

"Gue juga nggak ngerti ini galau apa bukan, Lan. Nggak taulah. Gue cuma berpikir kenapa gue harus sejahat ini."

"Jahat? Maksut lo? Jahat kenapa?"

"Gue putusin Almira, Lan. Udah sebulan ini gue putus sama dia. "

"Loh, kok bisa sih, Dit? Gimana ceritanya?" Tanya Alan seraya duduk satu anak tangga di bawah Dito.

"Awalnya kita cuma berantem kecil. Dia nangis karena tahu gue masih deket-deket sama Astrid. Padahal gue cuma drop Astrid bareng berangkat kerja doang, nggak lebih. Almira selalu curiga sama gue kalo gue ada hubungan lebih sama Astrid. Lebih-lebih karena Tyas selalu ngadu sama dia gue ngapain aja sama Astrid. Ya lo tau sendiri Almira, gue, sama Tyas kan udah temenan dari SMA. Almira kan deket sama Tyas. Lo juga tau kan Almira emosinya kaya gimana? Gue pikir gue udah terlalu sering nyakitin dia makanya gue bilang lebih baik kita putus aja. Dia sempet nahan gue buat nggak pergi, tapi gue udah nggak mau nyakitin dia lagi. Gue...." Dito menarik napas panjang sebelum melanjutkan kalimatnya. Merasa dadanya terhimpit sesuatu yang menyesakkan. "Yang gue rasain sama Almira sekarang hampa, Lan."

"Bukannya lo sayang banget sama dia? Dulu kan lo sendiri yang ngejar-ngejar dia banget. Inget nggak lo, sampe gue bego-begoin juga lo nggak peduli kan. Lo bilang yang lo tau, lo sayang banget sama dia."

"Gue juga nggak ngerti, Lan. Gue cuma ngerasa pas dia ngode gue dulu sebelum kita balikan lagi, itu waktu yang pas buat gue bisa bahagiain dia. Gue selama ini selalu ngerasa berhutang buat bahagiain dia. Karena dulu gue nggak pernah bisa. Tapi yang ada gue malah bikin semuanya makin kacau. Dan sekarang giliran dia sayang banget sama gue. Gue malah kayak gini. Gue juga nggak tau kenapa, Lan. Gue ngerasa, rasa yang gue punya buat dia hilang gitu aja setelah gue bisa menuhin semua yang dia pengen."

"Ya, gue sih nggak bisa bilang apa-apa karena yang tahu perasaan lo ya cuma lo sendiri. Bisa aja lo ngerasa udah nggak ada tantangan lagi buat bisa naklukin dia, buat bisa bikin dia bener-bener sayang sama lo. Lo sendiri kan yang curhat mulu sama gue. Dulu lo pengen banget liat dia sayang banget sama lo sebesar lo sayang sama dia. Gue sebenernya juga nggak ngerti sih, Dit. Lo bilang sayang sama dia itu karena lo beneran sayang atau lo cuma obsessed aja. Tapi menurut gue sih saat ini lo lagi jenuh aja. Dan disaat lo jenuh itulah, lo terjebak nyaman sama orang lain. Lebih-lebih kan lo kuliah sambil kerja, waktu lo buat ketemu Almira pun jarang kan? Pasti lo lebih sering ngabisin waktu sama temen-temen kerja atau kampus lo yang tiap hari bisa ketemu, jadi bukan nggak mungkin rasa nyaman yang lo punya buat Almira tergantikan sama orang lain."

"Malah gue pikir, setelah lo sering cerita kalo lo seneng banget kalo Almira mulai sedikit demi sedikit berubah, lebih perhatian sama lo, mulai berani ngakuin kalo dia sayang sama lo, bakal jadi lembaran baru buat lo sama dia. Ya karena kan lo selalu bilang cuma dia yang ada buat lo disaat lo susah, temen-temen lo yang lain cuma ada pas lo lagi seneng aja kan? Ya gue bingung juga sebenernya kenapa lo terlalu terburu-buru nyimpulin perasaan lo. Lo nggak takut nyesel emangnya?"

"Entahlah, Lan. Terlalu banyak ketidaktahuan gue yang bikin Almira makin sakit, jadi gue lebih milih buat pergi aja. Gue nggak mau bikin dia lebih sakit lagi dengan pura-pura sayang sama dia. Gue nggak tau apa gue terjebak nyaman sama orang lain atau enggak. Tapi sumpah, gue nggak ada perasaan apapun sama Astrid. Lagian Gue tahu Almira juga ngerasa kok, dia selalu bilang tatapan gue ke dia berubah. Dan setelah gue pikir-pikir emang semuanya udah berubah, Lan. Semuanya udah nggak kaya dulu lagi. Gue udah yakinin diri gue setiap hari. Gue coba tepis tapi jawabannya tetep itu."

"Well, kalo emang kayak gitu yang lo rasain ya mungkin emang bener kali perasaan lo udah hilang. Karena setahu gue sih ya kalo orang masih ada perasaan itu pasti selalu pengen tahu kabarnya, ngerasa diri lo nggak lengkap kalo nggak ada dia, dan yang pasti, lo akan ngerasa kehilangan waktu dia nggak ada."

"Pesen gue, jangan sampe lo nyesel ada orang yang gantiin posisi lo nanti, dan disaat lo pengen rebut hati dia lagi, semua udah terlambat karena dia udah jadi milik orang lain. Mungkin kalo dia masih sendiri bakal beda ceritanya. Tapi kalo udah jadi milik orang lain. Lo cuma bisa nyesel karena lo terlalu cepat menyimpulkan dulu, tanpa pikir panjang someday lo bakal nyesel apa enggak."

"Gue malah berharap ada orang lain yang bisa milikin dia, Lan. Laki-laki yang baik, yang bisa bahagiain dia dengan tulus. Nggak kayak gue. Brengsek. Gue brengsek, Lan. Selama ini gue bahagiain dia dengan kepura-puraan. Terlalu banyak bullshit yang gue janjiin sama dia. Disaat dia bisa kasih semua rasa sayangnya buat gue, gue malah tinggalin dia gitu aja."

"Lo bisa bilang kayak gitu karena lo belum ngerasa sepi dan kehilangan dia, Dit. Karena lo ngerasa, dia masih dan akan selalu mikirin lo. Lo belum bener-bener akan ngerasa kehilangan dia sebelum dia bener-bener jauh. Nggak ada lagi update PM, DP, bahkan status galau dia di socmed macem twitter sama path. Someday lo pasti akan ngerasa kehilangan dia, saat dia udah nggak peduli lagi semua tentang lo. Saat itu lo bakal nemuin apa yang bener-bener lo rasain sama dia. Dan lo sadar lo menyesal. Mungkin nggak sekarang, tapi suatu hari nanti."

"Lo bakal nyesel kenapa lo dulu terlalu terburu-buru. Lo bakal nyesel karena lo udah ninggalin orang yang mau nerima lo apa adanya. Yang nggak ngeliat lo dari segi materi, apa yang lo pake, apa yang lo kendarain, semua suatu hari bakal jadi hal yang paling lo sesalin. Karena gue pernah ada di posisi lo, Dit."

"Duh, kenapa jadi gue yang mellow ya, hahaha. Ya gue sih cuma berbagi pengalaman aja. Siapa tahu bisa jadi pencerahan buat lo. Tapi kalo kasusnya kayak Almira sih gue mikirnya ini karma, dulu kan dia... ya lo pasti ingetlah apa yang lo ceritain ke gue dulu. Mungkin juga semua ini jalan dari Tuhan biar Almira bisa belajar, dan suatu hari nanti nggak akan nyakitin perasaan orang lain. Karena dia udah tahu gimana rasanya."

"Ya, nggak tau lah, Lan. Gue cuma nggak tau apa yang gue rasain. Yang gue tahu pasti, gue cuma nggak mau nyakitin Almira lagi. Gue pengen dia dapetin kebahagiaannya yang hakiki, dapetin cowok yang tulus sayang sama dia, nggak nyakitin dia dan nggak brengsek kayak gue." Kata Dito penuh rasa bersalah.

"Yaudah, semua udah terjadi. Lo nggak usah nyalahin diri lo sendiri terus-menerus, mungkin aja ini jalan dari Tuhan buat bikin kalian makin dewasa, nggak ada yang tahu kan endingnya kayak gimana nanti. Kemungkinannya cuma tiga. Almira punya pacar baru dan move on dari lo, lo sama dia balikan, atau......" Alan menjeda kalimat terakhirnya.

"Atau apa, Lan?"

"Atau dia tetep pengen sendiri sampai waktu yang nggak bisa kita tebak." Sambung Alan.

"Yaudah, ya, Dit. Gue masuk dulu, pengen belajar lah dikit-dikit. Besok gue UAS nih soalnya."

"Oke, Lan. Btw thanks ya saran lo."

"Sip. Kapanpun lo butuh temen cerita, kalo gue ada waktu pasti gue bakal temenin lo kok, bro. Gue duluan ya."

Dito menghisap batang rokok ketiganya. Sepanjang malam dia hanya melamun dan memetik senar-senar gitar hingga menjadi alunan nada yang indah, memainkan lagu-lagu yang Almira sukai dan yang mengingatkannya pada Almira. Dito hanyut dalam alunan nada yang keluar dari senar gitarnya. Masih tak ingin mengakui bahwa malam itu dia merindukan Almira.

-bersambung.

No comments:

Post a Comment